MUSDA DPD ASPEKPIN JATIM

This slideshow requires JavaScript.

RUMUSAN MUSYAWARAH DAERAH DPD ASPEKPIN JAWA TIMUR TAHUN 2012

Batu, 15 Januari 2012

Musyawarah Daerah Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Peternak Kambing Perah Indonesia Jawa Timur telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 15 Januari 2012, bertempat di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, Jawa Timur. Musyawarah Daerah  dibuka oleh B. HERIWAHJUDI selaku penerima mandat dari DPP ASPEKPIN untuk membentuk DPD ASPEKPIN JATIM , yang juga dihadiri oleh Sekretaris DPP ASPEKPIN, Bapak ARIEF RACHMAN WARDHANA dan Bapak KUSMANTO perwakilan dari Bali sebagai peserta kehormatan.


Peserta Musyawarah Daerah adalah perwakilan dari beberapa Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Kediri, Kota Batu dan Kabupaten Gresik, sedangkan yang lain berhalangan hadir.
Sesuai mandat yang diberikan, usul dan saran peserta serta memperhatikan saran dari Sekretaris DPP ASPEKPIN, diperoleh rumusan sebagai berikut :
1.Membentuk kepengurusan DPD ASPEKPIN JATIM dengan susunan sebagai berikut :

Pelindung  : GUBERNUR JAWA TIMUR

Pembina     : DINAS PETERNAKAN JAWA TIMUR

Dewan Pakar : DR.drh.KRESNO S.MP dan Ir. HERMANTO

Ketua : B. HERIWAHJUDI

Sekretaris : RACHMAD DWI SANTOSO

Bendahara : DIDIK HARTADI

Ketua Bidang Organisasi: ABDUR ROHIM

Ketua Bidang Diklat Litbang : HARIYONO HA’O

Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran : SARJOE WIDODO

Ketua Bidang Humas : M. IRFAN ADI D

2.Menyusun program kerja utama yang secara garis besar dapat dirumuskan sebagai berikut :
a. Program utama yang diusulkan untuk dilaksanakan di tingkat DPP diantaranya :
Adanya Standar Operasional dan Prosedur Kambing Perah yang dapat dijadikan pedoman bagi peternak kambing perah dalam rangka peningkatan kualitas hasil produksi susu kambing. Pedoman tersebut alangkah baiknya apabila dikeluarkan oleh Kementrian Pertanian, dalam bentuk petunjuk teknis, yang tentunya dikeluarkan sebagai acuan bagi petugas peternakan hingga ke Kabupaten/Kota, juga bagi para peternak kambing perah pada umumnya; Adanya SNI susu kambing; Pendataan kambing perah secara nasional baik yang sudah diproduksi maupun yang potensi untuk diproduksi; Percepatan pembentukan koperasi    b. Program kerja  utama yang akan dilaksanakan di tingkat DPD Aspekpin Jatim diantaranya:
Peningkatan kualitas sumber daya peternak kambing perah baik dalam hal tata kelola ternak, aplikasi teknologi reproduksi, teknologi pakan maupun pengolahan produk turunan susu kambing, melalui pelatihan maupun studi banding ke peternakan kambing perah yang dianggap memiliki standar pengelolaan yang bagus, serta peningkatan kualitas dan kuantitas bibit kambing perah yang unggul; Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya peternak serta peningkatan kualitas dan kuantitas bibit kambing perah unggulan, agar segera diwujudkan adanya kemitraan baik dengan pemerintah, pengusaha, perbankan maupun dengan kalangan akademisi; Manakala dalam proses pelaksanaan program kegiatan tersebut nantinya terdapat program lain yang dapat segera dilaksanakan demi kemajuan peternak kembing perah, maka tidak tertutup kemungkinan program tersebut untuk segera dilaksanakan. Selanjutnya hasil Musyawarah Daerah DPD Aspekpin Jawa Timur akan segera dilaporkan secara tertulis, baik ke DPP Aspekpin maupun ke Pemerintah Propinsi Jawa Timur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s